Sabtu, 26 November 2011

Cotton Cake Ketan Hitam


Alhamdulillah.......akhirnya selesai juga tantangan LBT#7 di sela-sela penuh nya jadwal liburan hehehehe......
Pas mau bikin baru inget kalo oven mungil ku yang butut ketinggalan di rumah mertua, akhirnya dengan merayu ayahnya anak-anak ...... oven baru acc, huraiiiii.......punya otang baru ^_^
Satu masalah terpecahkan......masalah selanjutnya cari resep yang kira-kira bahan tersedia di rumah dan cake nya di sukai keluarga. Setelah cari sana sini akhirnya ketemu juga resep yang cucok. Cotton Cake Ketan Hitam.......bahan-bahan sudah tersedia semua dan mudah-mudahan jadi cake yang laris manis. Saya coba bikin setengah resep aja menggunakan loyang oval.......*takut gagal soalnya.
Masalah selanjutnya adalah saya belum menguasai kecengan baru sehingga suhu belum bisa terkontrol dengan baik. Hasilnya......bagian atas nya terlalu coklat.....*sambil tutup mata.
Tapi ternyata usia si cotton cake cuma sebentar saja......hiks...hiks...hiks... ku tinggal istirahat sebentar sudah tidak utuh lagi. ternyata oh ternyata si kakak sudah tidak sabar ingin menikmati kelembutan si cotton cake. Akhirnya karena sudah tidak utuh lagi saya bikin jadi kue potong aja. Dan ini yang masih bisa terselamatkan untuk di dokumentasikan. Abis pemotretan jangan di tanyakan lagi kemana sisa nya.....
Resep ini saya dapat dari Dapur Amatir

COTTON CAKE KETAM HITAM
Sumber: Majalah Sedap Sekejap edisi Januari 2008

Bahan:
80 gram Mentega Cair
50 gram Tepung Ketan Hitam
50 gram Tepung Terigu
1 butir Telur, dikocok lepas
150 gram Kuning Telur, dikocok lepas
100 ml Santan (dari 50 ml santan instan + 50 ml air)
250 gram Putih Telur
1/2 sdt COT *aq pake air jeruk lemon
1/4 sdt Garam
160 gram Gula Pasir Halus

Cara Membuat:
1. Lelehkan mentega sampai cair, angkat.
2. Masukkan tepung ketan hitam dan tepung terigu yang sudah diayak bersama, aduk sampai kalis.
3. Panaskan santan asal hangat saja. Tuang ke dalam kuning telur (dan 1 butir telur) yang sudah dikocok lepas, aduk rata.
4. Tuang adonan santan dan telur ke dalam adonan tepung dan mentega sedikit demi sedikit sambil di aduk rata.
Kocok putih telur, garam dan cream of tartar *(aq pake air jeruk lemon) hingga berbusa, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan mencapai tahap soft peak.
5. Campurkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk perlahan-lahan hingga rata. Pada tahap ini aku pakai metode pancing, yaitu campur dulu beberapa bagian putih telur kedalam adonan tepung sebagai pancingan, aduk rata, baru dicampur ke kocokan putih telur.
6. Tuang ke 2 loyang ukuran 24 cm tinggi 4 cm yang di alas kertas roti tanpa di oles margarine/mentega. Panggang secara steam bath/au bain marie selama 45 menit dengan suhu 160 derajat celcius.

^Salam LBT^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...