Rabu, 12 Agustus 2015

Mint


Bismillah....

Ini dia bintangnya kebun kecilku.....  MINT hehehehe.....
Alhamdulillah.... akhirnya aku bisa juga menanam mint. Entah berapa kali gagal maning gagal maning nanem mint, saking seringnya jadi males ngitung hihihihihi..... Ada yang kena ulet, dimakan tikus, kering, ga keluar akar dan masih banyak lagi keluhan *kayak sakit aja byk keluhan.

Sebetulnya daun mint bisa dibeli di supermarket tapi kadang ada pasokan kadang ga ada trus kadang butuh juga sedikit, disimpan di kulkas lama kelamaan busuk. Sayang banget khan buang-buang rupiah. Mending kalau bisa nanem sendiri jadi kalau membutuhkan tinggal petik, ngirit hehehehe

Disini aku ingin berbagi cara menanam mint yang aku tahu dan aku kerjakan sampai tanaman mint ku tumbuh subur makmur seperti yang nanem eheeemmmm..... Karena aku banyak ambil gambar jadi lewat foto aja yaaaa cara-caranya, sayang khan aku udah motret capek-capek kalau ga di upload....

Aku nanem langsung dari batang jadi ga pakai benih/bibit. Jadi pas beli daun mint di supermarket, cari batang yang sudah tua dan ambil daun-daunya, sisakan beberapa lembar saja. Rendam di air selama 3-4 hari sampai keluar akar. Air rendaman dibuang tiap hari.

Setelah keluar akar, tanam di media yang sudah disiapkan. Siram tiap pagi dan sore, beri pupuk cair seminggu sekali.

                    

                               

Jangan lupa diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung. Tapi kalau hawanya terlalu panas bisa disimpan dulu di tempat yang teduh.

                                

Kalau udah subur ijo royo-royo gini pasti.... aku mau dong satu pot..... wani pirooooooo hehehehehehe.......
Ini mint yang baru aku tanam tadi pagi, bukan es krim pot yaaaa yg lagi booming skrg ini hehehehehe

Oh ya satu lagi.... jangan simpan pot langsung diatas tanah yaaa.... bisa-bisa jadi santapannya si mouse alias tikus dannnnn... sering-seringlah batang mint nya dipanen supaya mint bisa lebat daunnya.

Selamat Berkebunnnnn........

9 komentar:

  1. duh.... jadi pngn bibitnya mbak.... di supermarket tempatku tinggal blm pernah liat ada yg jual daun mint.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru sempat balas komennya mbak....
      mbak tinggal dimana? mungkin skrg di supermarket tempat tinggal mbak sdh tersedia mint yaaa jadi sdh bisa mulai menanam

      Hapus
  2. Lho bukannya daun mint bisa ngusir tikus, mbak? Saya baca di internet katanya salah satu cara ngusir tikus pake tanaman daun mint ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pernah baca artikel seperti itu.... tapi ga tau nih di tempatku tikus doyan makan daun mint, parsley, daun mawar yg masih muda juga habis sama tikus

      Hapus
  3. katanya daun mint bisa untuk mengusir tikus
    punya si mbak kok dimkan tikus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tikus di tempatku sepertinya doyan makan daun mint... tapi sekarang udah bosen kali tikusnya jd aman2 aja daun mint nya

      Hapus
    2. tikusnya anti mainstream chooyyy hahahaha

      Hapus
  4. Maaf mba tinggal dmana yah boleh tuh bibit nya hehe

    BalasHapus
  5. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...