Senin, 28 Mei 2012

Sosis Solo


Sudah lama ga bikin sosis solo, kangeeeeennnnn...... Dulu pas masih tinggal di Bandung suka bikin sosis solo ini dannnnn..... sekarang tinggal di kota tempat sosis solo berasal, rasa nya gimana gituhhhhh hehehehe.....*ga nyambung yacchhh.
Punya resep sosis solo yang tanpa santan, ehhhh.... pas di Solo dapat resep nya juga sama ga pake santan. Alasan nya biar tahan lama, kalo pake santan takut nya cepet basi.
Sosis nya ada yg aq bentuk segitiga.... itu isian nya plus keju. Jadi cerita nya nyobain varian baru hehehehe.... Buat mama Syafa makasih resep nya yaaa ternyata resep kita sama....tossss ahhhh


Sosis Solo
by: Susiasih H

Bahan Kulit:
250 gram telur *kira-kira 4 butir
250 gram tepung terigu
1sdm maizena
1 sdm kaldu bubuk
600 ml air
3 sdm minyak goreng

Bahan Isi:
500 gram dada ayam rebus dan di suwir, di haluskan *di uleg
100 ml air
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sdt merica
3 buah kemiri
1 sdt gula pasir
Garam secukup nya

Cara Membuat:
1. Isi: Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, tumis samapi harum. Masukkan air, biarkan agak mengental lalu masukkan ayam yang sudah di haluskan. Aduk-aduk samapi ayam kesat, sisihkan.
2. Kulit: Campur semua bahan kulit kecuali minyak, aduk pelan dengan menggunakan whisk. Masukkan air sedikit demi sedikit, apabila kekentalan nya sesuai yang diinginkan hentikan penambahan air. Saring adonan kulit dan tambahkan minyak, aduk rata.
3. Panaskan wajan teflon olesi sedikit minyak. Ambil 1 sendok sayur adonan kulit, lakukan sampai adonan kulit habis.
4. Ambil 1 sdm isian, masukkan ke dalam kulit yang sudah matang, lipat seperti melipat amplop. Lem ujung nya menggunakan tepung terigu yang diberi sedikit air supaya ujung nya tidak mudah terbuka.
5. Goreng sosis solo sampai kuning kecoklatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...